Selasa, 15 Agustus 2017

Tips Aman Berbelanja Secara Online

Saat ini di jaman yang semakin maju/modern keberadaan internet di kehidupan kita sehari-hari semakin kita rasakan. Terutama di masyarakat perkotaan dapat dikatakan hampir setiap orang memiliki gawai/smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Keberadaan internet telah banyak sekali membantu kita melakukan banyak hal. Mulai yang berkaitan untuk komunikasi, kebutuhan informasi, hingga mempermudah kita melakukan aktifitas jual beli/berbelanja. Kelebihan yang kita rasakan dengan melakukan belanja online adalah dalam hal kepraktisan& kemudahan. Kegiatan belanja dapat kita lakukan kapan saja& di mana saja tanpa perlu keluar rumah dengan banyak pilihan tawaran yang tersedia.



Namun semakin besar penggunaan jasa belanja online tentunya di sisi lain makin banyak pula kasus/permasalah yang muncul berkaitan dengan modus penipuan atau tindak kejahatan berkaitan dengan belanja online ini. Kita sebagai pihak pembeli perlu melengkapi diri dengan pengetahuan & sikap kehati-hatian supaya kegiatan belanja kita tetap aman& nyaman sesuai apa yang kita harapkan.

Berikut ini akan kita sampaikan beberapa kiat/tips yang perlu kita perhatikan dalam berbelanja online.

Pelajari laman web & perusahaan penjual
Yakinkan diri kita bahwa kita akan melakukan transaksi dengan pihak yang terpercaya. Kenali pihak penjual, dengan menggali informasi pihak penjual baik latar belakang, alamat, kontak telepon, testimoni dari pembeli-pembeli sebelumnya. Reputasi penjual jadi pertimbangan penting. Kalau seandainya merasa pwrlu kita dapat melakukan pembicaraan dulu melalui telepon& sekedar melakukan wawancara singkat tentang perusahaan mereka& prosedur pembelian dan kemungkinan penanganan komplain.

Jaga informasi kita
Pada saat melakukan transaksi online seringkali kita harus memberikan data kita kepada penjual. Minimalkan potensi kebocoran data kita ke tangan pihak yang tidak bertanggungjawab. Karena itu pastikan dulu situs/web jual beli yang kita pakai aman (poin pertama). Hal praktis yang bisa kita jadikan alat bantu adalah cek apakah terdapat icon gembok kecil yang biasa terdapat di pojok kanan atas URL bar. Juga perhatikan alamat URL nya, jika ada tambahan huruf "s" pada https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure) berarti laman web tersebut relatif lebih aman daripada halaman laman yang hanya berawalan http://

Pelajari produk dan harga yang ditawarkan
Sebagaimana kita belanja secara konvensional, pastikam barang yang akan kita beli sesuai dengan yang kita maksudkan. Caranya dengan mencari informasi spesifikasi barang dan kita banding bandingkan dengan barang di tempat lain. Begitu juga dengan harga. Untuk harga jangan hanya tergiur semata-mata dengan tawaran harga yang murah. Tapi perhatikan juga seperti garansi& kelengkapan set barang. Harga yang terlalu murah/tidak wajar juga perlu kita pertimbangkan karena bisa jadi hanya menjadi daya tarik atau umpan awal dari upaya  modus penipuan. Karena prinsip ada barang ada harga tetap berlaku.

Pemilihan metode pembayaran
Transaksi secara online seringkali memerlukan pembayaran secara online pula, baik dengan langsung transfer menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Berhati-hati dalam penghunaan kartu supaya informasi data kita jangan sampe dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertangungjawab. Jika perusahaan/pihak penjual belum meyakinkan, cara pembayaran paling aman adalah memilih cara COD/cash on demand. COD ini artinya kita melakukan pembayaran secara cash pada saat barang dikirim. Memang tidak semua penjual online bersedia melakukan pembayaran COD.
Cara pembayaran yang lain adalah melalui penggunaan rekening bersama.  Maksudnya adalah pembayaran menggunakan jasa pwrantara antara pembeli dan penjual.  Uang yang dibayarkan pembeli akan ditahan dulu di rekening bersama dan baru diserahkan ke penjual setelah barang dikirim dan diterima pembeli.

Simpan bukti pembayaran& data selama proses transaksi
Setiap bukti pembayaran seperti bukti transfer, sms,  email dan bukti lain antara kita sebagai pembeli dan penjual kita simpan/dokumentasikan. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika ada permasalahan di kemudian hari dapat kita gunakan sebagai bukti yang cukup kuat.

Demikianlan beberapa hal dan tips yang perlu kita perhatikan pada saat melakukan transaksi online. Semoga memberikan manfaat. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Jenis Kain Indonesia yang Patut kita Banggakan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya akan keanekaragaman suku, kultur dan budayanya. Banyak sisi-sisi Budaya Indonesia yang patut kit...