Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengenal Jenis Jenis Sepeda Masa Kini

Sepeda marupakan alat transportasi yang sudah lama ada dan masih sangat populer digunakan sampai saat ini. Sepeda ditemukan sekiyar abad ke-18 di daratan Eropa. Saat itu mereka menyebutnya dengan Velocipede. Alat ini awal nya dirancang untuk alat bantu mempercepat mobilitas manusia.  Saat itu bentuknya masih sangat sederhana. Seiring berjalannya waktu secara bertahap sepeda mengalami banyak pengembangan dan penyempurnaan.

Sekarang ini sudah masuk abad ke-21 sepeda tidak hanya dipakai sebagai sarana transportasi semata, namun peruntukannya juga berkembang sebagai alat olahraga, rekreasi/atraksi dan gaya hidup.

Menyesuaikan dengan perannya yang semakin beragam, sepeda menjelma menjadi banyak model/jenis. Sepeda bisa dibedakan karena peruntukan maupun penggunanya. Sepeda untuj medan jalan halus didesain berbeda dengan untuk jalan tanah, jalan berbukit bukit atau jalanan bebatuan. Sepeda untuk santai keliling kota dibuat berbeda dengan sepedauntuk tujuan turing antar kota / provinsi/ lintas negara. Sepeda kusus untuk kaum hawa juga ada yang dibikin berbeda dari sepeda umumnya.

Untuk menambah gambaran tentang ini berikut beberapa jenis sepeda yang ada saat ini.

1. Sepeda kota/ city bike


sumber: mobile.fourlook.com



Seperti namanya sepeda ini dirancang untuk dipakai di perumahan atau keliling dalam kota yang memiliki karakteristik jalan agak padat dan medan yang datar dan halus / aspal.
Sepeda kota didesain mengutamakan faktor kenyamanan dan keamanan pengendara. Posisi duduk didesain sehingga pengendara bisa duduk agak tegak& nyaman. Sepeda ini biasa dilengkapidengan lampu, bel dan kalau dianggap perlu ditambahkan keranjang depan untuk membawa barang.

2. Sepeda gunung/ Mountain bike (MTB)



Sepeda ini walau dinamakan sepeda gunung namun sekarang sangat banyak dijumpai untuk dikendarai sehari-hari. Hal ini karena karakter sepeda ini yang fleksibel dapat dipakai di medan halus maupun tanah, menanjak atau menurun. MTB ini pun berkembang menjadi banyak varian. Untuk penggunaan sehari hari/ leisure posisi dudukan didesain tegak untuk mementingkan faktor kenyamanan. MTB untuk wanita dirancang lebih pendek jarak jangkauan tangan ke setang dan desain rangka yang memudahkan kaum hawa pada saat naik turun sepeda.
MTB yang benar benar untuk dikendarai di pegunungan dengan medan naik turun dan kelak kelok lebih cocok menggunakan MTB jenis Cross Country. Kekhususan jenis ini pada frame yang telatif ringan dan dilengkapi dengan suspensi tengah untuk meredam medan yang tidak rata.

Adapun MTB yang khusus untuk dijalankan di medan yang ekstrim curam seperti menuruni bukit adalah MTB jenis downhill. Ciri khas sepeda jenia ini pada tempat dudukan yang dibuay sangat rendah karena akan sangat jarang dipakai. Juga stang kemusi yang lebih lebar untuk alasan keseimbangan. Roda yang dipakaipun agak berbeda yakni menggunakan roda lebih lebar agar kuat mencengkeram tanah.

3. Sepeda atraksi/ play bike


Sepeda ini digunakan untuk melakukan atraksi bersepeda seperti untuk melakukan lompatan atau melewati halangan-halangan yang sengaja diciptakan untuk alasan ketangkasan.  Sepeda jenis ini lebih kita kenal dengan BMX /Bike Moto Cross. Sepeda jenis ini memiliki frame yang kokoh karena banyak dipakai untuk melakukan lompatan..


4. Sepeda balap/ race bike

sumber: mobile.fourlook.com
Ini adalah sepeda yang didesain untuk mengutamakan faktor kecepatan. Cocok digunakan di jalan mulus rata/aspal. Ciri khas sepeda ini ada pada stang yang unik khas sepeda balap & rendah serta lebar roda yang kecil untuk meminimalkan gesekan dengan jalan.
Di samping yang untuk balapan, saat ini juga banyak dikembangkan sepeda jenis hibrid, yang memadukan bentuk sepeda balap untuk kecepatan dengan sepeda kota yang mempertimbangkan kenyamanan. sehingga bentuk / desain juga merupakan perpaduan sepeda balap dan sepeda kota.


5. Sepeda lipat/ folding bike

sumber: topblogpost.com

Sepeda lipat yang sering disingkat dengan nama Seli ini sudah mukai menjadi tren di masyarakat kota yang mementingkan kepraktisan dan mobilitas yang tinggi. Sepeda lipat  sangat praktis dibawa dan dimasukkan ke mobil atau kereta. Sehingga praktis bisa dipakai oleh mereka yang suka bepergian sambil tetap dapat bersepeda di kota tujuan ciri khas sepeda ini ada pada frame dan stang yang dapat dilipat, serta ukuran yang relatif kecil.

6. Sepeda turing / touring bike


sumber: mobile.fourlook.com

Pada prinsipnya sepeda jenis turing adalah sepeda hibrid, yang didesain lebih untuk menempuh jarak panjang. Sehingga ciri khas ada pada kekuatan frame karena harus membawa barang dan biasa dilengapi dengan panier/ tas yang ditaruh di depan atau belakang.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis jenis sepeda yang saat ini ada di pasaran. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Jenis Kain Indonesia yang Patut kita Banggakan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya akan keanekaragaman suku, kultur dan budayanya. Banyak sisi-sisi Budaya Indonesia yang patut kit...