Selasa, 15 Agustus 2017

Kelebihan dan Kelemahan Belanja Online

Saat ini penggunaan internet sudah demikian lekat di masyarakat kita. Keberadaannya sudah banyak mengubah perilaku masyarakat. Mulai dari kebiasaan membaca berita yang dulunya berlangganan koran atau majalah, sekarang sebagian sudah cukup dengan mengakses berita melalui membaca di media online. Kalau dahulu kita mungkin masih berlangganan becak atau ojek yang mangkal di daerah tempat kita, saat ini kita makin familiar dengan memesan ojek online melalui mobile phone kita. Begitu juga dengan cara kita memesan makanan, sekarang pemesanan makanan via online sudah menjadi salah satu pilihan yang makin digemari.





Dalam hal berbelanja saat ini semakin jamak masyarakat menggunakan cara belanja online. Menurut data survey IDC Indonesia tahun 2016 ada sekitar 13% dari pengguna internet di Indonesia yang melakukan aktivitas belanja online. Ke depannya diprediksi akan meningkat.
Faktor kepraktisan, kemudahan dan kenyamanan menjadi faktor utama kenapa orang semakin gandrung berbelanja secara online. Namun di setiap hal baru pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian pula dengan kegiatan belanja online ada kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui.

Kelebihan
Seperti telah disinggung di atas, faktor kepraktisan menjadi hal utama. Dapat dikatakan kita bisa melakukan aktifitas belanja online ini kapan dan di manapaun (selama ada akses internet). Toko toko online tidak mengenal istilah jam buka/tutup toko. Berbeda dengan belanja konvensional, dimana harus keluar ke toko/pasar/ ke tempat penjual pada jam kerja mereka untuk melakukan transaksi belanja. Dalam hal ini kita sebagai pembeli toko online bisa berhemat waktu dan tenaga.

Dalam hal variasi pilihan produk, di toko online juga lebih banyak& bervariasi. Kita bahkan bisa langsung membandingkan spesifikasi barang dan harga yang ditawarkan. Jenis barang mulai dari pakaian, makanan, alat rumahtangga, barang elektronik, kendaraan sampai rumah ada ditawarkan. Jadi memudahkan calon pembeli sebelum memutuskan melakukan transaksi pembelian.

Pada momen momen tertentu terkadang para toko online melakukan promosi harga khusus/ diskon untuk menarik minat pembeli. Salahsatunya adalah Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 12 Desember. Pada tanggal itu ratusan toko online/ e-commerce di Indonesia serempak mengadakan program belanja online murah dengan beragam promo/ pemberian voucher dan diskon khusus. Hala ini akan membuat pembeli mendapat harga lebih baik.

Kelemahan
Adapun kelemahan dari belanja online adalah barang yang dipesan tidak bisa langsung diterima. Ada jeda waktu antara pemesanan sampai barang dikirim dan diterima. Hal ini berbeda jika kita langsung belanja di toko/pasar dimana begitu kita bayar barang dapat langsung dibawa pulang.

Kelemahan lainnya adalah kita sebagai calon pembeli tidak dapat mencoba atau setidaknya memegang barang yang akan kita beli. Berbeda dengan aktifitas belanja langsung, terkadang seperti pakaian dapat kita coba dulu sebelum memutuskan dibeli.

Adanya biaya pengiriman. Hal ini harus diperhitungkan sebagai tambahan pengeluran. Terkadang ada perusahaan yang menawarkan barang seolah olah murah tapi mengenakan biaya kirim yang tinggi sehingga bisa mengecoh kita sebagai pembeli.

Ada kemungkinan barang yang dipesan berbeda atau tidak sesuai dengan yang dikirim. Bisa jadi kesalahan ataupun kerusakan pada saat pengiriman. Seandainya pihak penjual mau melakukan penggantian tentunya tetap memakan waktu dan harus mengikuti ketentuan yang ada.

Kemudahan berbelanja di satu sisi bisa menimbulkan masalah tersendiri, khususnya bagi mereka yang tergolong shopaholics. Yakni orang yang mudah sekali tergoda untuk berbelanja produk hanya karena tertarik promosi dan belum tentu dibutuhkan.

Beberapa toko/ perusahaan online mensyaratkan penggunaan kartu debit/ kredit tertentu. Terutama dari perusahaan internasional. Hal ini bisa membatasi sebagian calon pembeli.

Adanya modus penipuan baru berkedok penawaran belanja online. Semakin banyak peminat transaksi online diikuti oleh semakin banyak dan bermacam pula praktik penipuan nya. Untuk ini para calon pembeli transaksi online harus lebih waspada dan mengetahui cara-cara belanja online yang aman.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan berbelanja online. Semoga memberi manfaat. Terima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Jenis Kain Indonesia yang Patut kita Banggakan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya akan keanekaragaman suku, kultur dan budayanya. Banyak sisi-sisi Budaya Indonesia yang patut kit...